More

    Ibu Membentuk Karakter Anak Bangsa

    Riri. M. Nur –  SUARA KAMPUS IAIN Imam Bonjol

    ILUSTRASI quntumniez.wordpress.com

    Padang, Kabarkampus-UKM Kerohanian Studi Islam Ulul Albab UIN Imam Bonjol mengadakan seminar nasional dengan tema  Kiprah Muslimah dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa  di Aula Fakultas Dakwah UIN Imam Bonjol, Padang, (12/12).  Menjadi pembicara dalam seminar tersebut adalah Syarifatul Hayati, Lc. MA, Dosen  STIT Diniyyah Putri, Padang.

    Syarifatul  dalam materinya mengangkat  Peran  Ibu dalam Membentuk Karakter Generasi  Islam Masa Depan.   Menurutnya,  Ibu adalah  pendidik pertama dalam keluarga.  Ia adalah sekolah pertama dan  orang  pertama yang ditiru, mulai  dari  dalam kandungan hingga  terlahir ke dunia.  Kewajiban ibu mendidik anak tersebut  berperan membentuk karakter seorang  anak.

    - Advertisement -

    “Karena kemuliaan itulah, surga berada di bawah telapak kaki ibu,” tutur putri dari Rahmah El Yunusiyyah,   pendiri Perguruan Diniyyah Putri.

    Atul mencontohkan  hadist Imam Bukhari dan Umar Abdul Aziz  yang menyatakan,  seorang anak yang berkarakter hebat, berasal dari ibu yang hebat dan agung.

    Ia mengungkapkan,   selama ini anak  dididik oleh orang tua  dengan dua belas gaya popular yang meliputi: memerintah, menyalahkan, meremehkan, membandingkan, mencap, mengancam, menasehati, membohongi, menghibur, mengkritik, menyindir, dan menganalisa.

     “Semua itu tidak terlepas dari peran dan kiprah seorang muslimah yang insya Allah akan menjadi seorang ibu dan guru nantinya,” kata Atul dengan senyum manis yang  disambut dengan tepuk tangan peserta seminar.

     Acara ini dihadiri mahasiswa dari berbagai kampus di Padang, diantaranya mahasiswa  UNP dan STKIP, dan UIN Imam Bonjol.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here