KPK Dorong Mahasiswa Pemilih Pemula Berintegritas

Ahmad Fauzan Sazli

Mahasiswa peserta kegiatan Cerdas Integritas di Auditorium KPK, Jakarta, Rabu, (20/06). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

 

JAKARTA, KabarKampus – Sebagai sarana sosialisasi  dan kampanye pemilu beritegritas kepada calon pemilih pemula, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan kegiatan Cerdas Berintegritas untuk mahasiswa pemilih pemula di Auditorium KPK, Jakarta, Rabu, (20/06). Kegiatan bertajuk Siapapun Boleh Naik, Korupsi Harus Turun ini diikuti mahasiswa Jakarta berusia 17 – 22 tahun dari sejumlah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Jakarta.

Adapun isi kegiatan ini antara lain Cerdas Tangkas Anti Korupsi, yakni 65 peserta diuji pengetahuannya tentang anti korupsi dan perundang-undangan yang mengaturnya, kemudian lima peserta terbaik mengikuti kegiatan selanjutnya. Tahap selanjutnya adalah debat integritas, lima peserta yang terpilih tersebut menyampaikan pandangannya terkait isu integritas.

“Dengan mendorong mahasiswa untuk berintegritas, ke depan akan muncul pemimpin-pemimpin berintegritas yang bisa mengubah bangsa ini. Untuk mengubah kondisi sekarang dibutuhkan mahasiswa yang mampu memilih pemimpin yang beritegritas,” kata  Asep Khaerullah di KPK, Jakarta.

Menurut Anggota KPK Bidang Pendidkan dan Pelayanan Masyarakat ini, kalau pemimpin tidak beritegritas, peluang mahasiswa nanti untuk berintegritas pun akan mengalami kesulitan. Dengan mahasiswa mau bergerak memilih pemimpin beritegritas dan membuat pemilunya beritegritas mudah-mudahan peluang  pemimpin bangsa ini untuk berintegritas makin besar.

Asep menambahkan, bahwa untuk memilih pemimpin beritegritas pemilihnya harus paham apa itu integritas untuk itu KPK mendorong program seperti agar memberikan pemahaman apa itu integritas.”Kenapa disampaikan dengan bentuk seperti ini karena integritas ada di otak kanan dari pada di otak kiri. Nah untuk membangkitkan  otak akanan perlu imajinasi, perlu hal-hal yang indah, luar biasa,lebih interaktif, dan menarik. Tidak dalam bentuk pembelajaran kelas yang membosanakan.”

Kegiatan yang  dimulai dari pukul 13.00 – 16.00 ini diakhiri dengan pemaparan panelis tentang integritas dan pertunjukan beatbox. Adapun BEM yang mengikuti kegiatan ini antara lain, BEM Polteknik Jakarta, BEM Universitas Paramadina, BEM Perbanas, BEM Universitas Indonesia, BEM Universitas Mustopo, BEM Universitas Pancasila dan Universitas Indonesia.[]

Komentar Kita

comments

About admin

KabarKampus diterbitkan oleh PT Cita Insan Cemerlang berdiri tahun 2011. Menyuguhkan informasi dunia kampus di Indonesia.

Connect

View all Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.