More

    Mahasiswa Undip Ikuti Kompetisi RoboBoat di Amerika Serikat

    Ahmad Fauzan Sazli

    Ilustrasi / active.ist.ucf.edu

    SEMARANG, KabarKampus – Universitas Diponegoro (Undip) mengirimkan tujuh mahasiswanya mengikuti ajang kompetisi  RoboBoat tingkat dunia bertajuk AUVSI Foundation and ONR’s 5th International RoboBoat Competition di Virginia, Amerika Serikat pada 20 – 24 Juni 2012.

    Para mahasiswa itu adalah Aldias Bahatmaka, Biwa Abi Laksana, Dandy Kurniawan dari Jurusan Teknik Perkapalan, M.Fairuz Luthfa dan Bambang Nur Cahyono, dari Jurusan Teknik Elektro, Jalu Rahmadi Mukti L, dari Jurusan Teknik Mesin, dan Diaz Wicaksono, dari Jurusan Teknik Sistem Komputer.

    - Advertisement -

    Kompetisi ini merupakan sebuah event kompetisi bergengsi tingkat dunia yang mempertemukan profesional, peneliti, pengajar, dan mahasiswa-mahasiswa yang fokus dan bergerak dalam bidang dunia maritim. Ajang ini bertujuan untuk menciptakan teknologi yang terbaru dan tercanggih untuk kapal tanpa awak yang digunakan sebagai pertahanan sebuah negara yang di kontrol melalui sebuah sistem yang sengaja dirancang sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi pertahan sebuah negara.

    ”Tahun ini merupakan tahun kedua bagi Undip mengirimkan Tim Roboboat yang diberi nama Jangkar Bumi 2. Perjuangan tim ini tidak kalah luar biasanya dengan Tim 2011,” kata Aldias Bahatmaka seperti dilansir dari laman Undip, Senin, (18/06).

    Menurut Aldias keberangkatan tim ini berjalan lancara berkat bantuan banyak pihak, mulai dari Universitas, Fakultas, Jurusan Teknik perkapalan, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Sistem Komputer, serta teman teman dari empat jurusan yang tersebut di atas. Serta bantuan dari pihak sponsor antara lain, PT. Pertamina, Djarum Foundation, Ika Undip, dan Dikti. “Bantuan ini memberikan semangat tersendiri bagi para delegasi.”

    Pada tahun sebelumnya tim RoboBoat Undip  telah berhasil memperoleh juara 6 tingkat dunia dan mendapat penghargaan The Best Design Economic dalam event tersebut pada tahun 2011. Tim RoboBoat Undip 2012 berharap mampu mengukir prestasi seperti tahun lalu, bahkan lebih baik lagi.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here