More

    Tayangan Televisi yang Diapresiasi MUI

    Ahmad Fauzan Sazli

    JAKARTA, KabarKampus – Meski menyerukan boikot, MUI juga memberikan apresiasi terhadap sejumlah program siaran televisi yang mengedepankan tayangan konstruktif dan kondusif selama separuh bulan ramadhan.

    Berikut  tayangan televisi paruh pertama ramadhan yang mendapat apresiasi MUI.

    - Advertisement -

    Film serial Omar : Umar bin Khattab, tiap pukul 04.00 di MNC TV. Film dari televisi Qatar ini menampilkan sirah Nabi Muhammad SAW dilihat dari sudut pandang Umar bin Khattab. Jarang sekali televisi kita menyiarkan film serial seperti ini. Serial sejarah Omar dibiarkan dalam bahasa Arab.

    Program Musafir (setiap hari pukul 04.30) di Trans 7. Program dokumenter berdurasi 30 menit ini memperkenalkan negara-negara yang menjadi pusat penyebaran Islam dunia pada awal kelahirannya. Program ini dilengkapi gambaran kehidupan zaman dulu untuk memudahkan penyampaian informasi. Program ini bermanfaat bagi syiar Islam dengan gambaran dakwah Islam.

    Jazirah Islam (setiap hari pukul 05.00) di Trans 7. Program berdurasi 30 menit ini menggambarkan komunitas muslim lokal di negara minoritas muslim, seperti Amerika Serikat, Republik Rakyat China, thailand, Inggris, Belanda dan Perancis.

    Catatan Harian Santri (setiap pukul 04.30) di Indosiar. Menarik karena menghadirkan pesantren dengan mengambil sudut pandang berbeda. Seperti, santri asal Afrika Selatan, Santri di Malaysia, dan santri di Thailand.

    Program Ceria Bersama Mamah di Indosiar. Acara ini mengetengahkan sosok pekerja keras, seperti nenek bertangan satu penjual sapu, TKW yang sukses menjadi sutradara, wanita pengemudi bus anta kota, dan sebagainya.

    MUI juga memperhatikan siaran yang bersegmen anak muda di tengah malam. Salah satunya Radio Show Sahur (02.00 – 04.30 WIB) di TVOne yang dipandu Ali Muchtar Ngabalin. Tak kalah pentingnya acara di Metrotv yaitu, Tafsir Al-Misbah bersama M. Quraish Shihab (03.00-04.00 WIB), Sukses Syariah (04.00-04.30 WIB), Inspirasi Ramadhan 04.30-05.00 WIB), Ensiklopedia Islam (16.00 – 16.30 WIB), Oase Ramadhan (16.30 -17.00 WIB), dan Cahaya Hati (17.00-18.00).

    Tayangan-tayangan lain yang memenuhi kualifikasi sebagai tontonan sekaligus tuntunan adalah Sinetron Tukang Bubur Naik Haji (RCTI). Selain itu program SCTV yang mendapat apresiasi adalah Smash Ngabuburit , Mutiara Hati, Sabarr , Para Pencari Tuhan, dan InsyaAllah Ada Jalan.

    “Melalui apresiasi ini, MUI berharap industri televisi membantu proses pembentukan karakter bangsa yang positif,” ujar Imam Suhardjo, tim pemantau tayangan televisi MUI, Komisi Informasi dan Komunikasi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here