More

    Mahasiswa UBK Minta Sondang Dijadikan Pahlawan HAM

    Ahmad Fauzan Sazli

    Mahasiswa UBK membawa foto Sondang Hutagalung dalam peringatan satu tahun aksi bakar diri Sondang Hutagalung di depan Istana Negara, Jumat, (07/12/2012). FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

    - Advertisement -

    JAKARTA, KabarKampus – Mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) meminta pemerintah menjadikan Sondang Hutagalung sebagai Pahlawan Hak Asasi Manusia (HAM). Pernyataan tersebut disampaikan mahasiswa UBK dalam aksi peringatan satu tahun aksi bakar diri Sondang Hutagalung di depan Istana Negara, Jumat, (07/12/2012).

    “Kami menuntut pemerintah menjadikan Sondang sebagai pahlawan HAM. Karena apa yang dilakukan Sondang merupakan klimak dari kekecewaan Sondang atas pemerintah yang belum bisa menyelesaikan persoalan HAM, korupsi dan belum mampu menyejahterakan rakyat,” kata Sam Sangaji, humas Aksi UBK di depan Istana Negara.

    Meski kematian Sondang tekah berjalan satu tahun, Sam menilai, rezim saat ini masih cuek dan mengabaikan persoalan-persoalan yang menyangkut HAM. “Kami menyimpulkan rezim SBY Boediono adalah rezim anti HAM dan justru rezim yang telah melegalkan budaya korupsi,” jelas Sam.

    Aksi damai yang diikuti sekitar 50 mahasiswa UBK juga menuntut agar pemerintah menuntaskan kasus-kasus HAM di Indonesia.

    Sondang Hutagalung adalah mahasiswa Hukum UBK 2007. Ia melakukan aksi bakar diri di depan Istana pada hari Kamis sore, (07/12/2011). Aksi tersebut membakar hampir seluruh tubuhnya. Sondang sempat dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Namun, tiga hari kemudian Sondang menghembuskan nafas terakhirnya di RSCM, Jakarta.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here