More

    Jauhi Kebiasaan Buruk Begadang Dari Sekarang (2)

    Endah Kemala

    12032013 ilustrasi bergadang_insomniaDi bagian pertama artikel “Jauhi Kebiasaan Buruk Begadang dari Sekarang” sudah kita ketahui bermacam-macam penyakit berbahaya. Ingat loh, begadang juga bisa jadi pemicu kanker. Nah untuk artikel bagian ke-2 ini, Kabarkampus akan memaparkan secara singkat lagi tentang efek buruk begadang.

    Gangguan Emosi
    Ternyata kebiasaan begadang ini dapat menyebabkan gangguan emosi yang cukup serius. Waktu tidur yang kurang akan membuat emosi kamu menjadi tidak stabil. Kamu akan sering karena otak lebih banyak menyimpan memori negatif ketimbang ingatan yang membahagiakan. Inilah yang membuat orang yang kurang tidur tampak seperti orang depresi.

    - Advertisement -

    Gangguan tidur bahkan telah menjadi salah satu penyebab meningkatnya gangguan jiwa di antara anak muda saat ini. Terdapat sebuat hasil penelitian itu yang diterbitkan oleh Journal Sleep, yang menyatakan jika satu jam kekurangan tidur punya berarti 14 persen risiko gangguan mental. Penelitian tersebut melibatkan sekitar 20 ribu remaja berusia 17 hingga 24 tahun sebagai subjek penelitian. Dari penelitian tersebut terlihat jika mereka yang tidur kurang dari lima jam sehari ternyata tiga kali lebih berpotensi mengidap tekanan secara psikologis di tahun berikutnya.

    Kurangnya Refleks
    Kurang tidur juga dapat memperlamabat kemampuan motorik kita, akibat kinerja otak yang melemah karena kelelahan. Hal tersebut kemudian membuat kita menjadi lambat dan kurang gesit, bahkan menjadi sering gugup, menabrak atau menumpahkan sesuatu. Hal itu disebabkan refleks kita berkurang dan otak kita kurang fokus sehingga kita jadi terlihat seperti orang ceroboh.

    Tampak Lebih Tua
    Nah, yang lebih menyeramkan, jelasnya kita akan terlihat lebih tua. Kurangnya waktu tidur akan membuat kulit kamu menjadi kusam, dan wajah menjadi pucat serta terlihat lelah. Parahnya,menurut Jyotsna Sahni, MD, seorang ahli masalah tidur di Canyon Ranch, Tucson, kurangnya waktu tidur akan meningkatkan kadar kortisol yang dapat memperlambat produksi kolagen yang memicu terjadinya keriput lebih cepat. Wiiih tentunya kamu gak mau kan menjadi manusia muda berwajah tua.

    Mengerikan bukan dampak negatif dari kebiasaan begadang ini? Kalau kamu sependapat, waktunya matikan laptop dan segera tidur! []

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here