UI Tampung 2.351 Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN

Ahmad Fauzan Sazli

12-09-2012-SNMPTN

Ilustrasi. FOTO : AHMAD FAUZAN SAZLI

JAKARTA, KabarKampus – Universitas Indonesia menampung 2.351 mahasiswa baru S1 Reguler dari jalur SNMPTN.  Jumlah tersebut dari total pendaftar SNMPTN 2013 yakni sebanyak 36.120.

Tahun ini UI menerima mahasiswa melalui tiga jalur penerimaan, yakni SNMPTN, SBMPTN (jalur tertulis, dan jalur SIMAK UI. Untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN (tertulis) pendaftaran akan dibuka pada 13 Mei hingga 7 Juni 2013, sementara untuk SIMAK UI dibuka pada 06 Mei – 07 Juni 2013.

Jurusan yang paling banyak diminati untuk rumpun sains dan teknologi adalah Ilmu Komputer dengan jumlah peminat 1.312 orang. Sedangkan rumpun Ilmu Kesehatan, program studi Pendidian Dokter menjadi prodi yang paling diminati dengan jumlah pemilih sebanyak 2.440 pendaftar. Sementara rumpun sosial dan humaniora, jurusan yang paling diminati adalah Akuntansi dengan jumlah peminat 3.022 orang.

Pemerintah sendiri telah menetapkan jalur masuk Perguran Tinggi dengan kuota minimum untuk SNMPTN sebesar 50 persen. Sedangkan kuota sisanya SBMPTN dan SIMAK UI masing-masing 25 persen.

Jalur SBMPTN UI telah membuka pendaftaran secara online melalui laman www.ujian.sbmptn.or.id, yang mana pelaksanaan ujiannya akan digelar pada 18 -19 Juni 2013 dan hasil seleksinya akan diumumkan pada tanggal 12 Juli 2013.

Begitu juga dengan pintu masuk UI melalui kalur SIMAK UI yang juga telah menerimaan melalui laman laman www.penerimaan.ui.ac.id. Ujian SIMAK UI akan digelar serempak pada 30 Juni 2013 di 17 kota di Indonesia, seperti Jakarta, Taggerang Selatan, Serang, Depok, Bekasi, Bogor, Bandung, Makassar, Balik Papan, Medan Bukit Tinggi, Pekan Baru Palembang, Cirebon, dan Yogyakarta. Dan hasilnya kan diumumkan pada 19 Juli 2013.

SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan Panitia Pelaksana yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional yang didasarkan pada penjaringan prestasi akademik, tanpa ujian tulis, yang ditujukan kepada siswa/i SMA/SLTA/Sederajat.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published.