More

    BIUS ITB, Membius Pendidikan Generasi Muda?

    Frino Bariarcianur

    11 07 2013 gedung itbBANDUNG, KabarKampus—Kuliah saat ini mahal sementara tidak sedikit  mahasiswa berprestasi. Sayangkan kalau mereka harus putus di tengah jalan? Kondisi inilah yang membuat Institut Teknologi Bandung (ITB) putar otak agar generasi muda Indonesia bisa mengakses dunia pendidikan perguruan tinggi.

    Program ini diberi nama Beasiswa ITB Untuk Semua (BIUS) yang sudah berjalan sejak tahun 2009. Bius menanggung semua biaya mahasiswa, dari mulai uang kuliah, biaya hidup, serta keperluan lain. Pihak ITB telah menghitung besaran pengeluaran selama 4 tahun kuliah yakni sebesar 110 juta rupiah. Namun tanggungan ini tidak termasuk biaya ngeceng dan hang out. Biaya tersebut harus keluar dari kocek sendiri.

    - Advertisement -

    Hingga saat ini BIUS telah menerima 3170 aplikasi pendaftaran. Setelah melewati penyeleksian, panitia BIUS menyatakan 400 orang dinyatakan lolos. Kemudian disaring kembali. Akhirnya 40 siswa yang lolos ini dipanggil untuk mengikuti ujian masuk ITB. Dengan demikian, mereka akan menerima seluruh tanggungan hidup selama kuliah di ITB. Ck ck ck…hebat kan?

    Pada bulan Juli lalu, berdasarkan keterangan tertulis pihak ITB, terdapat 13 orang angkatan pertama BIUS lulus dengan prestasi memuaskan, yaitu dengan Indeks Prestasi Kumulatif di atas 3.00. Sedangkan pada Bulan Oktober nanti, 21-24 penerima BIUS yang lain akan menyusul.

    Begitu pentingnya pendidikan tinggi di masa depan, BIUS ITB terus menggalang jaringan demi generasi  muda Indonesia yang kurang mampu. Harapannya, mereka yang punya cita-cita setinggi langit, tidak kecewa lantaran tidak kuliah. Jika kamu tertarik silakan membuka laman itbuntuksemua.com.

    Selamat kepada generasi muda yang terpilih menerima Beasiswa ITB Untuk Semua.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here