More

    Kurangi Angka Golput, BEM UI Luncurkan Tagar #SuarakuPenting

    Ahmad Fauzan Sazli

    06 03 2013 Suaraku PentingDEPOK, KabarKampus – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia bersama dengan elemen BEM-BEM Fakultas yang ada di UI meluncurkan tanda pagar (tagar) #SuarakuPenting untuk di media sosial. Tagar ini digunakan untuk penuansaan menjelang berlangsungnya Pemilihan Umum (PEMILU) 2014.

    M. Ivan Riansa, Ketua BEM UI 2014 mengatakan, tagar #SuarakuPenting ini dimaknai sebagai suatu keinginan bersama untuk menginternalisasikan ke dalam diri masing-masing bahwa suara yang kita miliki dalam Pemilu sangatlah penting. Hal itu demi menjamin terciptanya Indonesia yang lebih baik lagi.

    - Advertisement -

    “#SuarakuPenting  juga akan berfokus bagaimana memberikan informasi kepada Mahasiswa UI bahwa mereka sangatlah penting baik dari segi kualitas maupun kuantitas,” tutur Ivan, Kamis, (06/03/2014)

    Ivan menjelaskan, dari segi kuantitas,  #SuarakuPenting akan mengajak mahasiswa untuk  tidak golput dan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2014. Hal ini didasari pada tingkat partisipasi pemilih sejak Pemilu 1999 sampai 2009 semakin menurun. Seperti pada Pemilu 1999 , tingkat partisipasi pemilihnya sebesar 93,3 %, kemudian pada Pemilu 2004 sebesar 84,9 dan terakhir pada Pemilu 2009 semakin menurun menjadi 70,9%.

    Sementara dari segi kualitas, menurut Ivan #SuarakuPenting akan mengajak mahasiswa UI untuk menjadi pemilih yang cerdas dan rasional. Artinya, #SuarakuPenting akan mengajak mahasiswa dan masyarakat untuk memaksimalkan hak pilih yang dimiliki dengan terlebih dahulu melihat track record para Calon Anggota Legislatif sebelum memilih.

    “Memilih Calon Anggota Legislatif yang memiliki track record baik ini  menjadi penting karena kualitas Anggota Legislatif yang akan duduk di parlemen nantinya akan sangat bergantung kepada pilihan-pilihan kita dalam Pemilu 2014 ini,” ujar Ivan.

    Selanjutnya Ivan menegaskan, bahwa, peluncuran tagar ini merupakan bentuk pengawalan awal mahasiswa UI di Pemilu 2014. Kedepannnya masih ada banyak hal yang mereka persiapkan untuk menyukseskan pesta demokrasi in.

    Dalam peluncuran tagar #SuarakuPenting ini, BEM UI dan BEM se-UI ini berharap tagar tersebut dapat menjadi sarana yang tepat untuk menyalurkan opini, kritik, maupun aspirasi mahasiswa UI untuk isu seputar Pemilu 2014.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here