More

    Panitia SNMPTN Sangkal Diskriminatif Terhadap Penyandang Disabilitas

    Ahmad Fauzan Sazli

    Suasana Ujian SMPTNJAKARTA, KabarKampus – Pantia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menyangkal telah diskriminatif terhadap penyandang disabilitas yang ingin mendaftar SNMPTN 2014. Mereka mengatakan, bahwa tidak ada maksud melakukan diskriminasi melalui penerapan sejumlah syarat yang ditetapkan oleh masing-masing PTN, termasuk syarat bebas dari ketunaan.

    “Penetapan syarat lebih dimaksudkan sebagai upaya untuk menjamin keberhasilan siswa dalam menempuh pendidikan pada program studi yang diminati,” kata Bambang Hermanto, Humas Panitia SNMPTN dalam keterangan rilisnya, Rabu, (12/03/2014).

    - Advertisement -

    Faktanya, menurut Bambang, mahasiswa dengan berbagai keterbatasan banyak dijumpai di PTN. Selain itu mereka juga meraih prestasi baik.

    Bambang mengatakan, sebelumnya, sejak mendapat pertanyaan mengenai hal tersebut, Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA, Ketua Umum SNMPTN telah berkomunikasi dengan pimpinan PTN. Dalam kesempatan itu ia meminta PTN mengkaji kembali berbagai persyaratan dan melaporkannya dalam kesempatan pertama.

    Menurutnya, hingga Senin sore, (10/03/2014) Pokja Sekretariat telah menerima informasi bahwa masing-masing PTN telah membahasnya dengan pimpinan universitas dengan ketentuan dan tradisi masing-masing PTN. Hasilnya akan disampaikan kepada Panitia Nasional.

    “InsyaAllah Panitia Nasional akan segera menyampaikan perkembangannya di laman panitia,” kata Bambang.

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here