More

    7 Penyandang Disabilitas Ikut SIMAK UI

    Ahmad Fauzan Sazli

    Ilustrasi / Foto. Prabowo Setyadi
    Ilustrasi / Foto. Prabowo Setyadi

    DEPOK, KabarKampus – Sebanyak tujuh penyandang disabiitas mengikuti ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) 2014. Dari tujuh peserta, sebanyak tiga peserta mengikuti ujian di kampus UI Depok, tiga peserta di Bogor dan satu orang di Jakarta Timur.

    Empat orang merupakan peserta ujian SIMAK UI Program Sarjana. Sementara tiga peserta lainnya merupakan peserta ujian SIMAK UI Program  Pasca Sarjana. Seluruh peserta penyandang disabilitas tersebut mengambil jurusan Hukum.

    - Advertisement -

    Dalam pelaksanaan ujian, masing-masing peserta dibantu oleh dua pengawas. Sebagian dari mereka dibantu membaca dan menulis. Empat dari mereka adalah tuna daksa, tiga lainnya adalah tuna netra.

    Prof. Muhammad Anis, Rektor UI mengatakan, UI memberikan ruang yang sama kepada penyandang disabilitas. “Tidak ada perbedaan kepada mereka penyandang disabilitas,” kata Anis di UI Depok, Minggu, 22/06/2014.

    Meski demikian, menurut Anis, fasilitas untuk penyandang disabilitas yang disiapkan UI masih belum maksimal. UI masih berupaya menyediakan  fasilitas standar internasional bagi penyandang disabilitas.

    Para penyandang disabilitas peserta SIMAK UI 2014, merupakan tujug diatara 9.507 perserta SIMAK UI lainnya yang mengikuti ujian SIMA UI secara serentak di 17 kota di Indonesia. Para peserta ujian tersebut terdiri atas peserta ujian program S1, S2, Profesi, Spesialis, dan S3.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here