More

    Warga Riau Minta Jokowi Blusukan Asap

    Ilustrasi / Kabut asap di Riau. Foto : Change.org
    Ilustrasi / Kabut asap di Riau. Foto : Change.orgri

    JAKARTA, KabarKampus – Petisi pertama untuk presiden Jokowi datang dari Abdul Manan, warga asli Kepulauan Meranti Riau. Dalam petisi tersebut Abdul Manan meminta Jokowi untuk blusukan asap di daerahnya.

    Abdul mengaku selama 17 tahun terakhir ia hidup dengan kabut asap yang sebabkan oleh kebakaran hutan. Kabut asap tersebut telah berakibat buruk  bagi masyarakat sekitarnya, mulai dari mengungsi, sakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), dan meninggalkan penghidupan mereka.

    Petisi Abdul, diunggah di www.change.org/BlusukanAsap. Ia membuatnya pada hari Selasa, (28/10/2014). Dalam petisi tersebut Abdul mengajak agar Jokowi melakukan #BlusukanAsap langsung ke Riau, untuk melihat bagaimana dampak langsung dari kebakaran lahan gambut dan kabut asap, terhadap masyarakat dan lingkungan hidup.

    - Advertisement -

    “Orang suka bercerita, Pak Jokowi dekat dengan rakyat, dan betul-betul mendengar. Suka “blusukan”.” Kata Abdul dalam petisinya.

    Ia menuturkan, asap Riau adalah penghambat utama cita-cita revolusi mental Indonesia, karena kabut asap 17 tahun ini memiliki konsekuensi buruk terhadap kesehatan fisik, mental dan pendidikan satu generasi.

    “Masalah asap Riau memang rumit Pak, tapi permintaan saya sederhana. Mau tidak Pak Jokowi blusukan ke tempat kami ? Langsung melihat hutan gambut, kebakaran, dan asapnya? Hanya dengan begitu Pak Jokowi bisa mengerti kehidupan kami sehari-hari dengan asap.” Ungkap Abdul. []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here