More

    Undip Siap Turunkan Tim Rehabilitasi Pasca Bencana ke Banjarnegara

    Undip siap turunkan tim rehabilitaasi pasca bencana di Banjar Negara. Dok. Undip
    Undip siap turunkan tim rehabilitaasi pasca bencana di Banjar Negara. Dok. Undip

    SEMARANG, KabarKampus – Tim Tanggap Bencana Undip siap mengirimkan Tim Rehabilitasi Pasca Bencana di desa Karang Kobar, Kabupaten Banjarnegara. Paling lambat mereka akan dikirim pada tanggal 22 Oktober 2014.

    Tim Undip dibawah koordinasi LPPM ini terdiri dari enam orang pakar dari beberapa fakultas. Mereka adalah dr. Abdul Mughni,M.Si.Med., Sp.B, dari Fakultas Kedokteran, DR. Hastaning Sakti, M.Kes dari Fakultas Psikologi, dr. Siswi Jayanti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Adhi Nugroho, ST dari Teknik Geologi.

    Menurut dr. Mughni untuk Tim Kesehatan akan segera dikirim paling lambat hari senin tanggal 22/12/12. Mereka sudah bisa membantu kesana setelah koordinasi.

    - Advertisement -

    “Mengingat kondisi medan dan cuaca kesehatan para pengungsi sangat menjadi perhatian” ujarnya.

    Selanjutnya menurut, Dr. Hastaning Sakti, dalam kondisi seperti sekarang ini pengungsi butuh satu suasana yang menenangkan sehingga Trauma Healing harus segera di berikan. “Trauma Healing disini harus yang berkonsep karena di sini dilihat banyak sekali relawan yang kedatangannya,” kata Hastaning.

    Ia menuturkan, para reawan tersebut tidak terkoordinir dengan pihak pihak terkait seperti puskesmas. Mereka kebanyakan datang langsung ketempat pengungsian memberikan trauma healing yang malah membosankan bagi para pengungsi sehingga pengungsi malah merasa bosan dan terganggu.

    Sementara itu, dr, Siswi Jayanti dari tim Kesehatan Masyarakat akan terus mengedukasi tentang pentingnya kebersihan meski ditempat pengungsian, baik dari makanan, tempat tingal dan sebagainya.

    Sedangkan, Adhi Nugroho, selaku Dosen Teknik Geologi nantinya akan mengajak Tim untuk lebih mendalami sebab kejadian tersebut dengan lebih mempelajari kondisi Alam secara lebih dekat, sehingga bisa memberikan kontribusi pengetahuan bagi warga disana untuk bisa berjaga.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here