More

    Mahasiswa UNJ Berbagi Pengalaman Lewat Pameran Seni Rupa

    Dua orang pengunjung sedang mengamati salah satu karya dalam pameran  seni Rupa "Last Season" di TIM. foto : Fauzan
    Dua orang pengunjung sedang mengamati salah satu karya dalam pameran seni Rupa “Last Season” di TIM. Foto : Fauzan

    Menjelang kelulusan, mahasiswa tingkat akhir Seni Rupa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuktikan kekompakan mereka lewat pameran Seni Rupa. Para mahasiswa angkatan 2009 ini memberi judul pameran mereka dengan “Last Season”.

    Pameran ini memamerkan sebanyak lebih 30 karya. Karya yang dipamerkan adalah pengalaman atau wacana yang sehari-hari dialami para mahasiswa. Tema-tema yang diangkat seperti tema representasi diri dan sosial.

    Karya-karya yang dipamerkan tersebut diantaranya adalah karya Umar Anas yang berjudul “Kasih Ibu” dan Iin Novita Sari “Like Mom Like Hero”. Kedua karya ini menampilkan kekaguman pada sosok Ibu dan seolah-olah meninggalkan pesan “sayangi Ibumu”.

    - Advertisement -

    Karya lainnya adalah  karya yang dibuat Maryo Pratama berjudul “Shoping Time”. Karya ini berbicara hasrat konsumerisme. Selanjutnya adalah karya Afrilliana yang berjudul “Metroseksual” dan Festi Zuhrivasari yang berjudul “#OOTD. Keduanya menggambarkan prilaku manusia yang dramatis dan membudaya.

    Kemudian adalah karya Biba Dolbi Sakula yang berjudul “Because You Are Young”. Melalui imaginasinya Buba membuat karya dari lirik salah satu lagu dari band asal Inggris yang mengisahkan semangat anak muda untuk terus bangkit.

    Ferika Yustina Hatmoko, kurator pameran mengatakan, pameran ini mengangkat apa yang mereka alami sehari-hari. Seperti pengalaman seniman akan ekspektasi dirinya, kompetisi dalam pergaulan, kontroversi dan ambisi dalam hal tertentu.

    “Penikmat diajak membaca dari apa saja, mulai dari moral, ekonomi, politik, budaya, propaganda, estetik dan sebagainya,” terangnya.

    Pameran ini sendiri digelar di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki dari tanggal 16 – 28 Januari 2014.[]

     

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here