More

    Angkatan Kerja Lulusan Perguruan Tinggi Masih Rendah

    UI Career Scolarship. Foto : Fauzan
    UI Career Scolarship. Foto : Fauzan

    DEPOK, KabarKampus – Saat ini kesempatan kerja jumlahnya masih terbatas. Pada 2014, lapangan kerja tumbuh sebesar dua persen. Sementara pertumbuhan angkatan kerja sebesar 1,7 persen.

    Hal tersebut disampaikan Hanif Dhakiri, Menteri Ketenagakerjaan RI, saat membuka UI Career & Scholarship Expo XIX di di Balairung UI, Kamis, (26/02/2015).

    Menurut Hanif, berdasarkan data BPS pada Agustus 2014, angkatan kerja lulusan perguruan tinggi jumlahnya sebesar 9,79 persen. Jumlah tersebut masih tergolong rendah dibandingkan angkatan kerja yang berpendidikan SD ke bawah yang jumlahnya sebesar 47,07 persen, atau dengan angkatan kerja lulusan SMP sebesar 17,75 persen.

    - Advertisement -

    Hanif menyambut baik terselenggaranya kegiatan UI Career & Scholarship Expo XIX sebagai salah satu upaya menjembatani kebutuhan para pencari kerja dengan pengguna kerja. “Kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan para pencari kerja dengan pengguna kerja, sekaligus membuka peluang-peluang untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia atau para pencari kerja untuk memasuki dunia kerja,” kata Hanif.

    UI Career & Scholarship Expo XIX 2015 digelar selama tiga hari yaitu pada 26—28 Februari 2015. Kali ini bursa kerja diikuti oleh 76 perusahaan, serta 11 lembaga pendonor beasiswa. Pada hari pertama penyelenggaraannya, bursa kerja ini dibanjiri oleh ribuan pengunjung yang baik lulusan UI maupun lulusan perguruan tinggi lain.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here