More

    Kemampuan Bahasa Inggris Masyarakat Indonesia Peringkat 28 Dunia

    EF EPI Indonesia

    Tingkat kefasihan berbahasa Inggris masyarakat Indonesia saat ini berada pada peringkat ke-28 dari 63 negara. Indonesia mengalahkan Perancis dan Hong Kong. Penemuan tersebut diambil dari hasil tes Education First English Proficiency Index   (EF EPI) terbaru.

    Laporan yang dikeluarkan Education First (EF) ini membahasa uji kecakapan bahasa Inggris 750,000 orang dewasa berumur 18 tahun keatas. Data diolah dari dua tes bahasa Inggris EF yang fokus pada keterampilan terkait tata bahasa, kosa kata, mendengarkan, dan membaca.

    - Advertisement -

    Dengan skor EF EPI sebesar 52,74 Indonesia mengalami kenaikan signifikan sebesar 7.96 poin dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir, yang merupakan salah satu peningkatan terbesar dalam sektor regional.

    Menurut tempat tinggal, warga ibukota dan kota-kota pariwisata masih memiliki tingkat kecapakan lebih tinggi. Tercatat juga pada hasil tes EF EPI untuk Indonesia, kefasihan penduduk kota-kota besar terbukti lebih baik dibandingkan warga yang tinggal di daerah.

    Secara global, orang dewasa perempuan memiliki kecakapan yang lebih baik dibandingkan pria, namun tren ini berbeda dengan di Indonesia, di mana pria dan wanita tercatat berkemampuan relatif sama.

    Sementara negara  berkemampuan sangat tinggi didominasikan oleh 7 negara Eropa, dengan Denmark pada posisi pertama.

    Unduh laporan hasil tes EF EPI Indonesia di: http://www.ef.co.id/epi/ []

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here