More

    Asrama UGM Manfaatkan Energi Matahari Sebagai Sumber Penerangan

    Penyerahan hibah 2 set pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dari PT Wijaya Karya untuk Asrama Kinanti UGM. Dok. UGM
    Penyerahan hibah 2 set pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dari PT Wijaya Karya untuk Asrama Kinanti UGM. Dok. UGM

    JAKARTA, KabarKampus – Asrama Kinanti Universitas Gadjah Mada siap dijadikan model green building dan green energy untuk daerah perkotaan di Yogyakarta. Rencana ini ditandai dengan penyerahan hibah 2 set pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dari PT Wijaya Karya untuk Asrama Kinanti UGM beberapa waktu lalu.

    Nantinya bangunan asrama yang terletak di gang Kinanti Sleman ini memanfaatkan tenaga surya sebagai sumber penerangan. Bahkan keberadaan ruang terbuka hijau yang terletak di halaman asrama telah digunakan untuk Sistem Penyedia Air minum (SPAM) untuk menghasilkan air bersih siap minum.

    Prof. Dr. Suratman, M.Sc., Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada  Masyarakat UGM mengatakan, bantuan tersebut berupa PLTS berkapasitas 5 kWp dengan 108  unit panel surya berkapasitas 50 Wp. Selain panel surya ,WIKA juga menyerahkan 100 buah lampu LED 13 watt serta komponen pendukung.

    - Advertisement -

    “PLTS ini nantinya akan digunakan untuk kebutuhan penghuni Asrama Mahasiswa Kinanti,” kata Suratman.

    Suratman menambahkan, hibah panel surya selain untuk kebutuhan penghuni asrma, namun juga bisa mendukung kegiatan riset pengembangan energi terbarukan yang dilakukan oleh tim peneliti Pusat Studi Energi (PSE) UGM.

    “Kami harapkan bisa mendukung riset inovatif di bidang energi terbarukan,” terangnya.

    Keberadaan PLTS ini menurut Suratman bisa menjadi wahana pembelajaran bagi mahasiwa dan masyarakat umum untuk mengetahui lebih jauh pemanfaatan tenaga surya sebagai energi listrik. Ia menyebutnya dengan  “Rumah Sel Surya”, yang akan menjadi tempat praktikum mahasiswa transdisipliner,

    Menurut Suratman, selain sebagai wahana pembelajaran, hasil riset PSE UGM mengenai energi terbarukan juga akan segera diduplikasikan di masyarakat terutama yang tinggal di daerah terpencil yang belum mendapat jaringan listrik dari PLN. Belum lama ini PSE UGM manfaatkan energi surya untuk penerangan masyarakat di Karimunjawa, ke depan kita bisa diterapkan di daerah lain di Indonesia,” katanya.

    Seperti diketahui, Asrama Kinanti UGM  yang terletak di gang Kinanti, Sinduadi, Sleman terdiri dari dua unit bangunan yang berlantai lima dengan jumlah kamar masing-masing 98 unit kamar dan dengan daya tampung 336 orang.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here