More

    Unila Berencana Bangun Kampus Dua di Lamsel

    Universitas Lampung.
    Universitas Lampung.

    Universitas Lampung (Unila) berencana membuka kampus dua di wiliayah Kota Baru, Desa Way Huwi, Kecamatan Jatiagung, Lampung Selatan. Lokasi kampus Unila II ini berdekatan dengan Kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera).

    Prof. Dr. John Hendri, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, Teknologi Informasi, dan Komunikasi Unila mengatakan, rencana pembangunan kampus dua dilatarbelakangi oleh semakin penuhnya tata ruang di wilayah kampus I yang dibangun di atas lahan seluas 74 hektare di Jalan Soemantri Brojonegoro, Bandar Lampung. Langkah tersebut ditujukan untuk mengembangkan Unila lebih maju lagi.

    Menurut John, saat ini Unila sudah menyiapkan masterplan pembangunan kampus II berkoordinasi dengan sekretaris daerah Provinsi Lampung dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) terkait letak dan alokasi dana yang dibutuhkan. Selain itu Rektorat Unila masih mengurus surat permohonan ke Kemenristek Dikti agar dapat disetujui.

    - Advertisement -

    “Tahun ini masih tahap perencanaan, komunikasi, dan koordinasi bersama Sekdaprov Lampung dan Kemenristek Dikti. Diharapkan tahun depan sudah mulai pengerjaan pembangunan,” imbuhnya seperti yang dilansir dari laman Unila.

    Wakil Rektor Bidang IV Unila ini menyebutkan, kampus II Unila akan mengalokasikan sepertiga dari 300 hektare Institut Teknologi Sumatera. Hal itu karena kedua kampus tersebut  sudah menjalin kerja sama beberapa waktu lalu.

    Adapun, kata John kampus dua Unila akan diisi dengan fakultas eksakta seperti Fakultas Pertanian, Fakultas MIPA, dan Fakultas Teknik. Sedangkan fakultas sosial dan humaniora akan tetap berada di kampus I. “Tidak menutup kemungkinan di kampus II tersebut akan ditambah beberapa fakultas baru seperti fakultas teknologi pertanian dan fakultas kehutanan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here