More

    HMI Dukung Tes Narkoba Bagi Mahasiswa Baru

    PAMEKASAN, KabarKampus-Pemberlakuan tes narkoba bagi calon mahasiswa merupakan langkah nyata untuk mendeteksi penggunaan narkoba di kalangan pemuda.

    Pernyataan tersebut disampaikan oleh Chairul Umam, Ketua Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda (Kabid PTKP) HMI Cabang Pamekasan, Minggu (29/03/2015).

    Pernyataan ini pula sekaligus sebagai bentuk dukungan HMI Pamekasan, Madura, terhadap rencana Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir yang akan memberlakukan aturan baru untuk calon mahasiswa tahun ajaran 2015-2016.

    - Advertisement -

    “Rencana Menristek Dikti melakukan tes narkoba kepada calon mahasiswa baru merupakan upaya antisipatif meluasnya peredaran narkoba di kalangan mahasiswa,” kata Chairul Umam seperti dikutip dari ANTARA.

    Lebih lanjut ia menyatakan saat ini peredaran narkoba di Indonesia, termasuk di Pulau Madura sudah sangat parah. Ia mensinyalir peredaran narkoba sudah merambah semua lini kehidupan masyarakat, termasuk pemuda dan mahasiswa, serta lingkungan Perguruan Tinggi.

    Saat ini pengguna narkoba di Indonesia mencapai 4 juta jiwa lebih. Jumlah ini diperkirakan meningkat tajam menjadi 5,8 juta jiwa pada 2015 berdasarkan angka prevalensi yang dirilis Menkumham belum lama ini.

    Sementara data yang dirilis Badan Narkotika Nasional (BNN), dalam kurun waktu empat tahun terakhir, telah terungkap 108.107 kasus kejahatan narkoba dengan jumlah tersangka 134.117 orang.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here