More

    UI Buka Dua Prodi Baru Geologi dan Geofisika

    02 07 2013 ilustrasi kampus uiDEPOK, KabarKampus – Universitas Indonesia (UI) membuka dua program studi baru yaitu S1 Geologi dan Geofisika. Kedua Prodi ini dibawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

    Pembukaan dua prodi ini didasarkan atas keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor: 537/E/O/2014 yang ditetapkan tanggal 17 Oktober 2014 tentang Izin  Penyelenggaraan Program-Program Studi Program Sarjana pada UI. Saat ini para calon mahasiswa baru sudah dapat memilih kedua prodi ini melalui ujian SIMAK UI 2015 atau ujian tulis SBMPTN 2015.

    Rifelly Dewi Astuti, SE, MM, Kepala Humas dan KIP UI mengatakan, daya tampung dari masing-masing prodi tersebut adalah 60 mahasiswa. Pada jalur masuk SIMAK  UI, kuota yang diterima adalah 15 mahasiswa. Pendaftaran telah dibuka pada tanggal 27 April – 29 Mei 2015 melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id. Sementara  ujian SIMAK UI  dilaksanakan pada 14 Juni 2015.

    - Advertisement -

    “Sedangkan Ujian Tulis SBMPTN (kuota 45 mahasiswa) pendaftarannya dapat dilakukan pada 11 – 29 Mei 2015 serta pelaksanaan Ujian Tulis SBMPTN pada 9 Juni 2015.” Ungkap Rifelly.

    Geologi sendiri merupakan bidang ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan pemahaman tentang bumi, material penyusunnya, proses-proses yang berlangsung selama/setelah pembentukannya, dan makhluk hidup yang pernah ada atau hidup di bumi. Seorang geologis (ahli geologi) bekerja untuk memahami proses terjadinya Bumi, terbentuknya batuan dan mineral, terjadinya bencana alam, dan keselamatan lingkungan.

    Sedangkan Geofisika adalah bidang ilmu yang mengkombinasikan metodologi ilmu fisika dan konsep ilmu geologi untuk memahami struktur bawah permukaan bumi. Salah satu manfaat ilmu geofisika adalah untuk mengetahui keberadaan sumber daya alam yang tersimpan di dalam bumi, seperti minyak bumi, gas alam, batubara, mineral bahan tambang, panasbumi dan air tanah. Lebih jauh lagi, ilmu geofisika juga bisa dimanfaatkan untuk mitigasi bencana kebumian (seperti identifikasi daerah rawan gempa, tanah longsor, bencana akibat letusan gunung api) dan identifikasi masalah lingkungan, diantaranya pemetaan sebaran pencemaran limbah di bawah tanah.

    Lulusan Geofisika UI dipersiapkan untuk mampu menganalisis permasalahan eksplorasi sumber daya alam, sumber daya energi dan lingkungan serta mitigasi bencana kebumian dengan menerapkan metodologi geofisika berdasarkan kemajuan teknologi sesuai etika profesi.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here