More

    AJI Berikan Tasrif Award Kepada Sutradara “Jagal”

    Joshua Oppenheimer. Foto : dogwoof.com
    Joshua Oppenheimer. Foto : dogwoof.coml

    JAKARTA, KabarKampus – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) memberikan penghargaan Tasrif Award kepada Joshua Oppenheimer dan rekannya Anonymous, sutradara flm “Senyap dan The Act Of Killing. Penghargaan ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun AJI yang ke-21.

    Ging Ginanjar, juri Tasrif Award mengatakan, proses rekonsiliasi tragedi 65 sampai saat ini belum selesai. Permintaan maaf dari pemerintah ada, namun tidak didahului dengan fakta.

    “Makanya kami menaruh perhatian kepada pihak yang mencurahkan fakta-fakta 65. Penghargaan yang dipilih hari ini adalah mereka yang mengungkapkan fakta dari perpektif pelaku kekerasan. Sehingga tidak terbantahkan,” kata wartawan senior ini di malam perayaan ulang tahun AJI ke 21 di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail Jakarta, Jumat malam, (04/09/2015).

    - Advertisement -

    Menurut Ging, mereka memilih dua orang, yaitu Joshua dan Anonymous. Keduanya adalah sutradara film Senyap dan The Act of Killing.

    Joshua merupakan sutradara Amerika Serikat. Filmnya tersebut menyoroti bagaimana pelaku pembunuhan anti-PKI yang terjadi pada tahun 1965-1966 memproyeksikan dirinya ke dalam sejarah untuk menjustifikasi kekejamannya sebagai perbuatan heroik.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here