More

    Lolos Seleksi HISAS, Empat Tim ITB Terbang ke Jepang

    Gambar : ITB

    BANDUNG, KabarKampus – Sebanyak empat tim Institut Teknologi Bandung (ITB) terbang ke Jepang untuk mengikuti Hokkaido Indonesia Student Association Science Meeting (HISAS). Konferensi tahunan yang diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia Hokkaido (PPI Hokkaido) Jepang ini rencananya digelar tanggal 17-18 Maret 2018.

    Keempat tim tersebut terdiri dari tim Karin Fadilla Agustin (Manajemen, 2015) yang beranggotakan Komalasari Dewi (Matematika, 2015) dan Handayani Hadiyat (Teknik Geofiskika, 2014). Kemudian tim Taufik Adytia Nugraha (Kewirausahaan, 2015) dengan anggota Muhammad Daris Al Husna (Teknik Kimia, 2015), dan Mario Ahmad Fauzi (Matematika, 2015).

    Selanjutnya tim Akmal Reza Ahkam (Teknik Mesin, 2016), Taufik Al Amin (Teknik Geologi, 2016), dan Azka Zakiyyatudin (Fisika, 2015). Terakhir adalah tim Feri Arosa (Manajemen 2016) dengan anggota Sarah Maulida (Manajemen, 2016) dan Haniya Azzahra (STI, 2015).

    - Advertisement -

    Sebelum dinyatakan menjadi finalis untuk berangkat ke Jepang, keempat tim ini melalui tahapan seleksi awal berupa pengumpulan paper,  bertemakan “Integrated Science for attaining Indonesia’s Golden Generation in 2045”.  Dari sebanyak 300-an paper yang dikirimkan mahasiswa seluruh Indonesia, hanya 75 paper yang lolos untuk dipresentasikan di Hokkaido University.

    Karin Fadilla Agustin mengatakan, pada awalnya, ia merasa pesimis bisa lolos menjadi finalis acara ini. Sebab, saat submission timnya mendapat paper registrasion bernomor 270-an.

    “Artinya, telah banyak mahasiswa Indonesia yang mendaftar di seleksi awal HISAS waktu itu,” ungkap Karin.

    Namun menurut Karin, dirinya merasa diuntungkan dengan deadline submission yang diundur sekitar dua minggu, menjadi 5 Januari 2018. Karin mengaku, sempat mematangkan paper anggota timnya akibat pengunduran jadwal tersebut.

    Kemudian, ia baru merasa lega dan bahagia, setelah secara resmi menerima pengumuman via email. Tim yang dikomandoinya berhasil lolos seleksi.

    Karin berharap timnya serta tim perwakilan ITB lainnya dapat menjadi juara, setidaknya terpilih menjadi best presenter. Ia juga memohon doa kepada semuanya, khususnya massa kampus ITB, agar kegiatan mereka dilancarkan, selamat sampai tujuan, dan bisa kembali ke tanah air.

    Rencananya, hari pertama acara  akan digelar presentasi untuk seluruh finalis, kemudian dilanjutkan pada hari minggu, yaitu learning trip, jalan-jalan di sekitar Kota Sapporo, Hokkaido.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here