More

    Rudy Habibie : Antara Sejarah dan Romansa

    Natalia Oetama

    Film berjudul Rudy Habibie berdurasi cukup panjang ini merupakan sambungan dari cerita Habibie & Ainun yang pernah menawan hati banyak penonton. Disinilah kisah cinta punya cara menghipnotis manusia.

    13 07 2016 rudy habibieSecara garis besar film Rudy Habibie lebih banyak berkisah tentang masa kecil Habibie yang biasa dipanggil Rudy, latar belakang keluarga dan sejumlah peristiwa penting hidup Habibie. Tentunya film ini dilingkupi sentuhan drama romantika cinta pertama Habibie yang ternyata bukan Ainun.

    - Advertisement -

    Kisah awal Habibie kecil cukup runut dan penuh nostalgia.

    Dibuka dengan terlalu bombastis untuk sebuah film drama, namun ditambahi beberapa informasi sederhana yang menarik. Seperti waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Gorontalo, fakta tentang aliran udara, dan beberapa petuah yang disampaikan oleh Donny Damara sebagai ayah Rudy. Tidak ketinggalan juga masa pengeboman Jepang di kota Pare-pare, tempat kelahiran Habibie.

    Lebih dari setengah film ini berkisah tentang “drama” perjuangan Rudy Habibie di RWTH Aachen Jerman. Ada beberapa scene yang dibuat terlalu melo dramatik oleh Hanung Bramantyo. Contohnya dalam adegan Rudy Habibie dan teman-teman memeriksa nama mereka di papan pengumuman penerimaan mahasiswa RWTH. Sosok Habibie yang sempat menangis histeris hingga terisak dan berteriak-teriak gagal hanya karena tidak dapat menemukan namanya yang sebenarnya ada di urutan kedua.

    Padahal di awal, Habibie adalah siswa pertama yang menyelesaikan soal ketika ujian berlangsung dengan penuh yakin dan percaya diri, kontradiktif.

    Semakin bergulirnya film, semakin banyak lubang dalam plot cerita. Terlalu banyak penonjolan kisah yang pada akhirnya tidak diupdate atau mengambang begitu saja. Seperti salah satu mahasiswa senior dari Indonesia yang selalu mem”bully” Habibie bahkan di salah satu scene terlihat memporak porandakan rencana dengan mengacung-acungkan pistol. Sungguh terlalu dramatis namun mengambang tanpa ending yang menggigit. Masalah yang begitu besar seakan terselesaikan hanya dalam jentikan jari tanpa penjelasan.

    Sosok Habibie yang sebenarnya sudah kharismatik dibuat terlalu berlebihan di film ini sehingga terkesan palsu dan terlalu mengada-ada. Untungnya Reza Rahadian memang aktor kawakan yang mampu memikatmu sejak kemunculannya. Cara berjalan, gerak bibir, cara berbicara dan gestur yang ditampilkan sungguh terasa natural, jikapun tidak mirip dengan Habibie muda, tapi punya pesona sendiri yang mampu menyihir untuk membuatmu terpesona dengan caranya.

    Film Rudy habibie ini seperti paket makanan yang terlalu komplit. Bingung antara sedang makan soto, sate atau lontong kari. Genre sejarah, nasionalisme, religi, keluarga, drama, romantis dan humor semuanya diaduk ke dalam satu adonan. Sebagian peristiwa penting menjadi sulit dibedakan antara kejadian nyata atau merupakan drama tambahan untuk membuat penonton terenyuh.

    Hampir setiap kesulitan yang dihadapi Rudy ketika berkuliah di Jerman Barat terselesaikan dengan menangis dan berdoa. Terlalu instan untuk hidup seorang BJ Habibie dan terlalu klise untuk dipercaya.

    Beberapa hal positif yang masih bisa diambil dari film ini, tentang keberagaman budaya dan agama. Ada etnis Tionghoa, Batak dan juga tokoh agama Romo Mangunkusuma. Tokoh Romo dalam salah satu scene punya esensi yang cukup kuat dalam menjelaskan tentang kerukunan antar umat beragama dan seberapa terbuka pikiran Rudy Habibie muda.

    Sangat disayangkan akhir film ini berubah menjadi drama sinetron televisi ala ibu-ibu. Terlalu banyak bumbu romansa yang ditampilkan antara tokoh Habibie dan Ilona yang diperankan oleh Chelsea Islan. Namun logat Chelsea sebagai perempuan keturunan Polandia – Jerman yang terdengar seperti orang asing cukup memikat.

    Jika anda pecinta drama yang sedang ingin belajar secuil kecil sejarah bangsa dan latar belakang Habibie bolehlah menikmati film berudarasi 140 menit ini. Anggap saja Reza Rahardian dan Chelsea Islan sebagai guru-guru kece dikala bosan.[]

    - Advertisement -

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here